Download Kisi-Kisi Lengkap Soal Penilaian Harian Kelas 1 K-2013 Semester Ganjil

Download Kisi-Kisi Lengkap Soal Penilaian Harian Kelas 1 K-2013 Semester Ganjil

Download Kisi-Kisi Lengkap Soal Penilaian Harian Kelas 1 K-2013 Semester Ganjil - Lembaga Sekolah/Madrasah sebagai lembaga pendidikan formal dalam proses belajar mengajar terdapat  tolak ukur dan atau sering disebut sebagai penilaian (Evaluasi). Penilaian bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan level pengetahuan (kognitif), level sikap, dan level psikomotorik.
Download Kisi-Kisi Lengkap Soal Penilaian Harian Kelas 1 K-2013 Semester Ganjil
Download Kisi-Kisi Lengkap Soal Penilaian Harian Kelas 1 K-2013 Semester Ganjil
Proses penilaian yang dilakukan oleh seorang guru mulai dari Penilaian/Ulangan Harian (UH/PH), Ulangan/Penilaian Tengah Semester (UTS/PTS), Ulangan/Penilaian Akhir Semester (UAS/PAS), penugasan, penilaian afektif, penilaian praktik, penilaian diri, dan penilaian antarteman, penilaian portofolio akan berdampak positif bagi siswa baik secara langsung maupun tidak langsung. 

7 manfaat ulangan bagi siswa yaitu:

  1. Menghargai pentingnya waktu, siswa yang akan melaksanakan ujian harus mengetahui waktu kapan jadwal ujian akan dilaksanakan. Siswa harus meluangkan waktu untuk belajar diperpustakaan, belajar kelompok, belajar dirumah, atau bahkan belajar dibimbel. Saat pelaksanaan ulangan jangan sampai terlambat datang ke sekolah/kelas untuk ujian.
  2. Memahami arti pentingnya belajar, melalui ulangan, apabila siswa ingin memperoleh nilai baik maka harus belajar. jika tidak belajar dapat dipastikan remedial. Materi-materi yang dipelajari apabila keluar saat ulangan akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi siswa dan ada rasa bangga bahwa mendapatkan nilai tinggi dan tidak harus mengikuti remedial. Dengan demikian akan memahami secara mendalam pentingnya belajar.
  3. Memiliki rasa tanggungjawab, melalui ujian siswa harus bertanggungjawab, belajar adalah suatu keharusan apabila ingin menjadi yang terbaik, apabila tidak belajar maka nilainya rendah dan harus remedial. Apabila mencontek siap mendapatkan sanksi karena sudah berbuat curang. Dengan demikian siswa akan memahami bahwa dirinya harus bertanggungjawab terhadap pelajaran yang akan ujian, sehingga dapat diterapkan pada kehidupannya yang lain.
  4. Melatih kejujuran, ujian melatih kejujuran pada siswa, saat ulangan siswa harus mengerjakan sendiri soal-soal dari hasil belajar yang sudah dilakukan. Apabila sudah terbiasa dapat diterapkan pada kehidupannya yang lain.
  5. Menghargai hasil usaha, apapun hasil ujiannya maka siswa harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi itu merupakan hasil usaha setelah belajar.
  6. Semangat juang, melalui ujian siswa dituntut memiliki semangat Juang yang gigih untuk hasil belajar maksimal. Ikhtiar maksimal hasilnya mendekati akan harapan.
  7. Mengetahui cara meraih prestasi, melalui ulangan siswa dapat mengetahui step-step bagaimana meraih prestasi terbaik dalam hal perolehan nilai tertinggi sehingga berpeluang menjadi juara kelas. Hal tersebut juga dapat diaplikasikan pada bidang lainnya dalam kehidupan mereka bahwa untuk meraih prestasi apapun harus ada perencanaan yang matang dan proses yang baik.

Berdasarkan 7 manfaat ulangan bagi siswa, maka guru sebagai pendidik bertanggungjawab untuk melaksanakan ulangan sebaik mungkin. Memberikan kontrak belajar di awal kepada siswa bahwa ulangan tidak boleh mencontek dan bekerjasama, mengawasi ulangan dengan sebaik-baiknya tidak membuka peluang siswa mencontek, membiasakan tas dan buku semuanya didepan kelas dan diatas meja hanya ada lembar soal dan jawaban, sampaikan kepada siswa bahwa kejujuran adalah panglima dalam meraih kesuksesan. 
Baca juga: Soal Penilaian Kelas 1 K2013 Tahun 2018
Berikut beberapa soal yang dapat dipergunakan sebagai bahan untuk memberikan materi penilaianulangan Harian kepada peserta didik.


Kisi-Kisi dan soal kelas 1 Tema 1:
Kisi-Kisi Penilaian Harian Kelas 1 Tema 1.xlsx 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 1 Sub 1.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 1 Sub 2.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 1 Sub 3.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 1 Sub 4.pdf 
Kisi-Kisi dan soal kelas 1 Tema 2:
Kisi-Kisi Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 2.xlsx 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 2 Sub 1.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 2 Sub 2.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 2 Sub 3.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 2 Sub 3.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 2 Sub 4.pdf 
Kisi-Kisi dan soal kelas 1 Tema 3:
Kisi-Kisi Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 3.xlsx 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 3 Sub 1.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 3 Sub 2.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 3 Sub 3.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 3 Sub 4.pdf 
Kisi-Kisi dan soal kelas 1 Tema 4:
Kisi-Kisi Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 4.xlsx 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 4 Sub 1.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 4 Sub 2.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 4 Sub 3.pdf 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 4 Sub 3a.docx 
Soal Penilaian Harian Kelas 1 Tema 4 Sub 4.pdf
Demikian penjelasan singkat materi terkait Download Kisi-Kisi Lengkap Soal Penilaian Harian Kelas 1 K-2013 Semester Ganjil semoga bermanfaat, Mohon maaf atas segala kekurangannya.


Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: