Format Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019 - Sebagian besar murid SMA tingkat akhir kelasnya mungkin masih menganggap Ujian Nasional (UN) atau juga Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai momok yang menakutkan. Padahal, untuk kali kini Ujian Nasional (UN) bukan lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan sekolah.
Format Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019
Format Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019
Salah satu hal yang sepertinya masih menjadi beban bagi para murid adalah banyaknya materi yang harus mereka pelajari. Tidak hanya materi kelas XII, mereka juga harus kembali me-review berbagai materi dari kelas X dan XI dalam waktu yang bisa dikatakan cukup singkat.

Itulah akhirnya Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengeluarkan kisi-kisi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Berstandar Nasional (USBN) untuk dipelajari. Setiap tahun, kisi-kisi tersebut disesuaikan oleh kurikulum yang diterapkan pada sistem pendidikan Indonesia dan satuan pendidikan sebagai pengguna kurikulum yang berlaku.

Ujian Nasional (UN) merupakan ujian yang bersifat evaluasi, berbeda lagi dengan tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang termasuk dalam tipe ujian seleksi. Ujian evaluasi bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa selama menempuh jenjang sekolah.

Sedangkan, ujian seleksi bertujuan untuk menyaring siswa/peserta terbaik berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Karena fungsinya untuk menguji penguasaan materi, maka materi yang diujikan pada Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berdasarkan pada kisi-kisi yang telah disusun oleh lembaga khusus.

Kisi-kisi Ujian inilah yang nantinya akan membantu siswa dalam belajar menghadapi UN/USBN. Tidak semua materi yang kamu pelajari di sekolah dulu masuk ke daftar kisi-kisi. Nah, untuk tahun pelajaran 2018/2019, kisi-kisi UN dan USBN didasarkan pada Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 Kurtilas/K13).

Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan dua kurikulum pendidikan di Indonesia. Jadi, materi pada soal-soal UN/USBN 2018 merupakan irisan dari dua kurikulum tersebut. Siswa tidak perlu khawatir akan menemui soal yang tidak ada dalam kurikulum di sekolah di mana siswa tersebut menempuh pembelajarannya.

UN dan USBN diadakan sebagai salah satu bentuk evaluasi pembelajaran siswa selama tiga tahun bersekolah di SMA, MA atau satuan pendidikan setingkatnya. Maka, tidak mengherankan apabila materi yang termasuk dalam kisi-kisi merupakan campuran dari materi kelas X hingga XII (khusus jenjang SLTA).

Tapi, tidak mungkin jika siswa harus mempelajari seluruh materi yang telah diberikan selama tiga tahun? Itulah mengapa kisi-kisi UN dan USBN disusun dan diterbitkan.

Download juga:

  1. Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPS 2019
  2. Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPA 2019
  3. Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program Bahasa 2019
  4. Kisi-Kisi USBN SMA-MA Kelompok A-B 2019
  5. Buku PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI
  6. Instrumen Lengkap PKKS Tahun 2018 Terbaru
  7. RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI
  8. Buku Paket Pelajaran TIK Kelas 1-6 SD/MI
  9. RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi
  10. RPP Akidah Akhlak Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Revisi

Kisi-kisi tidak hanya berupa jenis materi yang akan muncul dalam soal-soal Undan USBN, tetapi juga proporsi soal yang diberikan. Sedangkan, soal untuk mata pelajaran non eksak berjumlah sedikit lebih banyak, yakni 50. Dari jumlah tersebut, BSNP juga membagi soal dengan bobot yang berbeda, yakni 10% mudah, 70% sedang, dan 20% sulit. Hal ini berbeda dari bobot tahun lalu yang terdiri dari 10% mudah, 80% sedang, dan 10% sulit.

Terkait dengan Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional khususnya jenjang SMA, MA pada pendidikan Bahasa telah kami siapkan link downloadnya di bawah ini;

USBN Kisi-Kisi SMA,MA Umum Kurikulum 2006 


  1. KISI-KISI USBN-SMA-Seni Budaya (Rupa)-K2006.pdf 
  2. KISI-KISI USBN-SMA-Teknologi Informasi dan Komunikasi-2006.pdf 
  3. KISI-KISI USBN-SMA-Seni Budaya (Teater)-Teori dan Praktik-K2006.pdf 
  4. KISI-KISI USBN-SMA-Seni Budaya (Tari)-Teori dan Praktik-K2006.pdf 
  5. KISI-KISI USBN-SMA-Seni Budaya (Musik)-Teori dan Praktik-K2006.pdf 
  6. KISI-KISI USBN-SMA-Penjasorkes (PJOK)-(Teori-Praktik)-K2006.pdf 
  7. KISI-KISI USBN-SMA-IPA-IPS-BHS-Sejarah Indonesia-K2006.pdf 
  8. KISI-KISI USBN-SMA-IPA-IPS-BHS-Pendidikan Kewarganegaraan-K2006.pdf 
  9. KISI-KISI USBN-SMA-IPA-IPS-BHS-Bahasa Inggris-K2006.pdf

Kisi-Kisi UN dan USBN tidak hanya berfungsi sebagai panduanmu untuk belajar, karena dapat menggunakan kisi-kisi UN/USBN baru untuk dibandingkan dengan kisi-kisi UN/USBN tahun lalu. Sehingga siswa bisa mencari soal-soal UN/USBN tahun lalu untuk dipelajari.

Demikian dan sekian ulasan singkat materi Format Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019 semoga dengan ulasang singkat ini dapat menambah pengetahuan khususnya yang berkepentingan, dan mohon maaf apabila kurang sempurna.


Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: