Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2

Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2

Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2 - Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih.
Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2
Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2
Dalam melakukan pemetaan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Mempelajari kompetensi inti dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan mengidentifikasi kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran yang dapat dipadukan. Setelah itu melakukan penetapan tema pemersatu.
  2. Contoh format pemetaan cara pertama adalah menjabarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam indicator, melakukan kegiatan penjabaran kompetensi inti dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indicator. Dalam mengembangkan indicator perlu  memperhatikan hal-hal sebagai berikut;


  • Indicator dikembangkan sesuia dengan karakteristik peserta didik.
  • Indicator dikembangkan sesuia dengan karakteristik mata pelajaran.
  • Dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan dapat diamati
Dari pemetaan tersebut, maka akan memudahkan dalam meyusun, silabus, program semester, program tahunan dan lainnya.

Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Program Semester (Promes) adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.

Satu semester terdiri dari 19 minggu kerja termasuk penyelenggaraan tatap muka, mid semester dan ujian semester. Pada dasarnya penyusunan program semester ini kita tinggal ambil dari masing-masing subtema dan diuraikan pada setiap pelaksanaan alokasi waktu yang dipergunakan untuk menyampaikan materi tersebut dengan kurin waktu selama 1 (satu) semester (6 bulan).

Untuk lebih jelas secara lengkap bagi bapak dan ibu Guru/pendidik dijenjang SD/MI Kelas 4 yang belum memiliki Pemetaan KD KI-3 & KI-4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2018 dapat mendownloadnya melalui tautan link yang saya siapkan di bawah ini:
Pemetaan KD K13 Kelas 4 Semester 2.xlsx
Program Semester K13 Kelas 4 Semster 2.xlsx
Program Tahunan K13 Kelas 4 Semster 2.xlsx
Demikian ulasan singkat tentang materi Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan kami dalam menjelaskan materi disetiap blog yang kami kelola, karena sifat kami masih serba terbatas.

Download juga:
Rangkuman Materi Khusus Tema 8 K13 Kelas 3 SD/MI
Administrasi PBM K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2
Soal Penilaian Harian (PH) Kelas 2 SDMI Tema 6 K13
Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester 2
Jurnal Mengajar K13 SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan 2 Revisi
RPP Kelas 1 Tema 5-6-7-8 K-2013 Edisi Revisi Semester 2
RPP K13 SD/MI Kelas 2 Tema 5,6,7,8 Edisi Revisi Semester 2
RPP Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tema 5,6,7,8 Revisi
Terima kasih kami ucapkan kepada rekan-rekan pendidik atau secara umum pengunjung blog ini yang selalu setia mengunjungi untuk mendapatkan update terbaru materi pendidikan yang setiap hari selalu kami update, dengan tujuan supaya disetiap pencarian google selalu muncul yang teratas. Sudilah kiranya anda untuk meninggalkan email pada kotak yang kami sediakan untuk secara otomatis akan mendapatkan materi terbaru dari kami. Dan kami siap menunggu kritik, saran serta masukan yang bersifat positif untuk meningkatkan kualitas blog pendidikan ini.


Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: