Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru

Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru

Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru - Bagi Bapa/Ibu dalam proses pembelajaran mempunyai planning dan gambaran bagaimana nanti peserta didik dapat mengikuti pembelajaran di sekolah sesuai dengan apa yang sudah menjadi peraturan Negara mengenai kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, belajar mengajar mencoba memberi sedikit contoh plan yang akan dibuat oleh Bapak/Ibu untuk peserta didiknya.
Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru
Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru
Guru merupakan kunci kelangsungan pelaksanaan kualitas pendidikan. Guru harus mempunyai niat dan tekad yang kuat agar tercapainya sebuah tujuan pendidikan di Indonesia. Selain itu guru harus dapat menyiapkan materi pembelajaran serta menguasai yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau sering di sebut RPP.

Selain RPP dan silabus,  Dalam Bahasa Keguruan ada  istilah yang dinamakan Prota (Program Tahunan) yaitu rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. selain dari itu, ada juga istilah Promes (Program Semester) yaitu satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan seperti kegiatan mid semester, ujian semester dan sebagainya Selain Prota dan Promes, ada juga KKM  yang dijadikan Sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK)

Fungsi dan manfaat Silabus.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat/media pembelajaran. Silabus merupakan penjabaran dari standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi indikator pencapaian kompetensi dan penilaian

Program Tahunan (Prota)

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Program Semester (Promes)

Program Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan. Satu semester terdiri dari 19 minggu kerja termasuk penyelenggaraan tatap muka, mid semester dan ujian semester.

Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) atau Ketuntasan Belajar minimal (KBM)

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan dalam pembelajaran atau menelaah Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013, KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru kelas atau juga guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama.

Mensikapi berbagai penjelasan di atas tertuang dalam sebuah materi yang dapat langsung di download di bawah ini:

Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru
1. Silabus Tematik Kelas 1 Semester 1 Revisi 2017.docx
2. Program Semester Kelas 1 Revisi 2017.xlsx
3. Program Tahunan Kelas 1 Revisi 2017.docx
4. KKM Kelas 1 Semester 1 Revisi 2017.xlsx
KKM-Prota-Promes-Silabus K13 Kelas 1 Revisi 2017.zip
Demikian ulasan singkat materi Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru dengan harapan dapat dipergunakan sebagai bahan pengayaan referensi bagi para pendidik.

Baca juga:
  1. RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI Tema 1
  2. RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI Tema 2
  3. RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI Tema 3
  4. RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI Tema 4

Kami tunggu kritik, saran serta masukan dari pengunjung untuk kemajuan blog kami ini ke depannya.


Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: