Kumpulan Tembang Macapat untuk SD/MI Lengkap

Kumpulan Tembang Macapat untuk SD/MI Lengkap

Kumpulan Tembang Macapat untuk SD/MI Lengkap- Dalam kesempatan kali ini documenguru.blogspot.co.id akan membagikan mengenai materi Kumpulan Tembang Macapat untuk SD/MI Lengkap. Tembang Macapat yaitu tembang atau puisi traditional jawa  yang menggambarkan tahap - tahap kehidupan manusia dari lahir sampai meninggal dunia. Dalam tembang macapat memiliki filosofi yang mendalam mengenai proses kehidupan manusia mulai dari  seseorang dilahirkan, mulai bejaran dimasa anak-anak, menjadi seorang yang dewasa dan akhirnya meninggal dunia. 
Kumpulan Tembang Macapat untuk SD/MI Lengkap
Kumpulan Tembang Macapat untuk SD/MI Lengkap
Tembang macapat dibagi menjadi 11 macam yaitu:

  1. Maskumambang. Tembang Maskumambang menceritakan sebuah filosofi hidup manusia dari awal manusia diciptakan. Manusia yang masih berupa embrio di dalam kandungan, yang masih belum diketahui jati dirinya, serta belum diketahui apakah dia laki-laki atau perempuan.
  2. Pucong.  Temabang Pucong  menggambarkan seseorang ketika sudah meninggal yang dikafani atau dipocong sebelum dikuburkan. 
  3. Gambuh. Kata Gambuh mempunyai arti menyambungkan. Filosofi dari  tembang Gambuh ini menceritakan mengenai perjalanan hidup  seseorang yang telah bertemu  dengan pasangan hidupnya.Kemudia mereka memantapkan hubungan mereka pada ikatan yang lebih sakral melalui ikatan pernikahan. 
  4. Mijil. Tembang Mijil mempunyai  filosofi yang melambangkan  sebuah biji atau benih yang lahir di dunia. Mijil melambang awal mula dari perjalanan seorang anak manusia di dunia fana ini, dia begitu suci dan lemah  sehingga masih membutuhkan perlindungan dari orang dewasa.
  5. Megatruh. Kata Megatruh berasal dari kata ‘megat’ dan ‘roh’,  yang memiliki arti  putusnya roh atau telah terlepasnya roh dari tubuh. Filosofi yang terkandung di Megatruh  yaitu telah berakhirnya perjalanan hidupan seseorang  didunia ini. 
  6. Kinanthi. Kinanthi berasal dari kata ‘kanthi’ yang berarti menggandeng atau menuntun. Tembang Kinanthi memiliki filosofi hidup yang menceritakan mengenai khidupan seorang anak manusia yang memerlukan tuntunan dan ajaran dari orang dewasa agar dapat menjalani kehidupan dengan baik.
  7. Asmaradana. Tembang Asmarandana berasal dari kata ‘asmara’ yang berarti cinta kasih. Filosofi tembang Asmarandana adalah tentang  perjalanan hidup  seseorang yang telah mencapai waktunya untuk memadu cinta dengan pasangan hidupnya.
  8. Pangkur. Pangkur berasal dari kata ‘mungkur’ yang memiliki arti pergi atau meninggalkan. Tembang Pangkur memiliki filosofi yang menggambarkan kehidupan yang seharusnya mampu menjauhi hawa nafsu yang mengajak kepada hal-hal yang buruk sehingga terhindar dari  kesesatan hidup didunia.
  9. Durma. Durma memiliki arti pemberian. Tembang Durma mengandung filosofi tentang kehidupan yang suatu saat dapat mengalami duka, selisih dan juga kekurangan akan sesuatu. Sehingga Manusia harus saling tolong- menolong dengan hati yang ihklas dan saling melengkapi satu sama lain.
  10. Sinom. Tembang Sinom menggambarkan seorang manusia  atau remaja yang mulai beranjak menjadi  dewasa dan telah menjadi pemuda.
  11. Dhandhanggula. Tembang Dhandhanggula menggambarkan tentang kehidupan pasangan baru yang sedang berbahagia karena telah berhasil mendapatkan apa yang dicita-citakan.

Baris dalam  tembang macapat disebut gatra, setiap  baris memiliki suku kata tertentu  yang disebut guru wilangan, dan akhiran pada bunyi sajak yang berupa huruf vokal disebut guru lagu. 

Untuk mendapatkan materi Kumpulan Tembang Macapat untuk SD/MI Lengkap Bapak/Ibu Guru dapat mendownload melalui link dibawah ini.

LINK DOWNLOAD: 
001 Pucung lrs pl pt barang.mp3 
002 Pucung Pucung Laras Pelog Pathet Barang.mp3
003 Pucung-Gliyung, lrs pl pt barang.mp3
004 Pucung-Klenthung, lrs pl pt barang.mp3
005 Pucung-Dhengklung Ngungun, lrs pl pt barang.mp3
006 Pucung-Dhengklung, lrs pl pt barang.mp3
007 Pucung-Natakusuman, lrs pl pt barang.mp3 
008 Pucung-Linduran, lrs pl pt barang.mp3 
009 Pucung-Randhasemaya, lrs pl pt barang.mp3 
010 Pucung-Dhuplak, lrs pl pt barang.mp3 
011 Pucung-Laras Pelog Pathet Nem.mp3 
012 Pucung-Tinjomaya, lrs pl pt nem.mp3 
013 Pucung-Lebdajiwa, lrs pl pt nem.mp3 
014 Pucung-lrs pl pt nem.mp3 
015 Pucung-Duplak, lrs pl pt nem.mp3 
016 Pucung-Gliyung, lrs pl pt nem.mp3 
017 Pucung-Dhengklung Ngungun, lrs pl pt nem.mp3 
018 Pucung-Dhengklung, lrs pl pt nem.mp3 
019 Pucung-Laras Slendro Pathet Sanga.mp3 
020 Pucung, lrs sl pt sanga.mp3 
021 Pucung-Tunjungseta, lrs sl pt sanga.mp3 
022 Pucung-Tinjomaya, lrs sl pt sanga.mp3 
023 Pucung-Gagad Rahina, lrs sl pt sanga.mp3 
024 Pucung-Dhengklung, lrs sl pt sanga.mp3 
025 Pucung-Linduran, lrs sl pt sanga.mp3 
026 Pucung-Dhengklung, lrs sl pt sanga.mp3 
027 Pucung-Klenthung, lrs sl pt sanga.mp3 
028 Pucung-Gliyung, lrs sl pt sanga.mp3 
029 Pucung-Kagok Katanon, lrs sl pt manyura miring.mp3 
030 Pucung, lrs pl pt manyura.mp3 
Pocung.mp3
PENDIDIKAN_ Macapat.FLV 
PENDIDIKAN_ Macapat_2.FLV 
PENGETAHUAN_ Asmaradana (Laras Slendro Miring Pathet Sanga).FLVPENGETAHUAN_ Dhandhanggula (Laras Slendro Pathet Sanga).FLVPENGETAHUAN_ Durma (Laras Pelog Pathet Barang).FLV 
PENGETAHUAN_ Gambuh (Laras Pelog Pathet Nem).FLV 
PENGETAHUAN_ Megatruh (Laras Pelog Pathet Barang).FLV 
PENGETAHUAN_ Pangkur (Laras Slendro Pathet Sanga).FLV 
PENGETAHUAN_ Pocung (Laras Slendro Pathet Sanga).FLV
PENDIDIKAN_ Macapat.FLV
PENDIDIKAN_ Macapat_2.FLV
PENGETAHUAN_ Asmaradana (Laras Slendro Miring Pathet Sanga).FLV
PENGETAHUAN_ Dhandhanggula (Laras Slendro Pathet Sanga).FLV 
PENGETAHUAN_ Durma (Laras Pelog Pathet Barang).FLV 
PENGETAHUAN_ Gambuh (Laras Pelog Pathet Nem).FLV
PENGETAHUAN_ Megatruh (Laras Pelog Pathet Barang).FLV
PENGETAHUAN_ Pangkur (Laras Slendro Pathet Sanga).FLV
PENGETAHUAN_ Pocung (Laras Slendro Pathet Sanga).FLVPocung.mp3
Demikian materi yang dapat kami bagikan mengenai Kumpulan Tembang Macapat untuk SD/MI Lengkap. Terima kasih telah mengunjungu blog kami dan semoga materi yang telah didapat dapat bermanfaat.

Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: