Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi - Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah adalah agar siswa memiliki empat keterampilan, yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Untuk memantapkan empat keterampilan tersebut siswa diharapkan juga memiliki keterapilan pendukungnya berupa unsur kebahasaan, yakni berupa ucapan, tekanan kata, intonasi, kosa kata, frase, ejaan, tulisan dan tata bahasa.
Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi
Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi
Dalam pembelajaran bahasa Arab hendaknya siswa dikenalkan juga tentang budaya Arab, baik budaya lisan ataupun budaya tulisannya, karenanya dalam pembelajaran bahasa Arab guru diharapkan untuk membimbing siswa dalam mempraktikkannya, sehingga pembelajaran bahasa Arab dapat menghantarkan siswa sebagaimana orang Arab berbahasa.

Sebagai bagian dari kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, maka pembelajaran bahasa Arab dituntut dapat berkonstribusi dalam membentuk karakter siswa dengan menginternalisasikan nilai-nilai keislaman, budaya Timur Tengah dan budaya universal kontemporer yang tidak bertentangan dengan Islam.

Selanjutnya buku ini disusun untuk memberikan kemudahan dan pengayaan kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan secientifik . Guru diharapkan sebelum proses pembelajaran di kelas dilaksanakan terlebih dahulu memantapkan kesiapan, di antaranya dengan membaca keseluruhan buku ini dan mengambil hal-hal yang relevan dengan proses pembelajaran yang akan disajikan kemudian mengkreasi dan menyesuaikannya dengan karakteristik siswa pada setiap kelas di madrasah masing-masing.

Format Penyusunan Buku Mata PAI Pelajaran Bahasa Arab

Terdapat beberapa prinsip dalam penyusunan buku guru ini. Secara umum dalam semua pokok bahasan terintegrasi empat unsur kemahiran berbahasa (menyimak, berbicara, membaca dan menulis) walaupun ada penekanan khusus yang prosentasenya lebih tinggi sesuai dengan tujuan pembelajaran pada pokok bahasannya. Berikut gambaran umum pokok bahasan materi pelajaran bahasa Arab:

Bagian ini ditempatkan pada awal setiap dars, mengingat penguasaan mufradat dan ibarat (ungkapan berupa frasa atau klausa) merupakan kunci pertama dalam memahami teks hiwar, tarkib, qira’ah dan kitabah. Untuk itu dalam buku ini siswa dilatih agar mereka dapat melafalkan mufradat dan ibarat serta memahami arti atau makna masing-masing dengan baik dan benar, dengan menggunakan berbagai media, termasuk media audio, media gambar, tanya jawab, bahkan terjemah pada saat-saatnya secara tepat. Jumlahnya dalam setiap dars mencapai 20 – 25 kata dan ungkapan, lalu disusul untuk pemantapan dan evaluasi.
Sebagai tambahan penjelasan bahwa Buku Guru PAI Bahasa Arab sub mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) diterbitkan pada tahun 2014 (untuk Kelas 7), terbitan tahun 2015 (untuk kelas 8), dan terbitan tahun 2016 (untuk kelas 9). Akan lebih jelas penjelasan lebih lanjut apabila bapak ibu segera mendownload materi Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi yang telah kami sematkan pada menu download berikut:
Download: Buku Guru SKI MTs Kelas 7.zip
Download: Buku Guru SKI MTs Kelas 8.zip
Download: Buku Guru SKI MTs Kelas 9.pdf
Demikian penjelasan materi Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi yang berfungsi untuk memperjelas materi yang kami bagikan saat ini. Mohon maaf atas segala kekurangan.





Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: