Buku Siswa K13 Fikih Kelas 1.2,3,4,5,6 MI

Buku Siswa K13 Fikih Kelas 1.2,3,4,5,6 MI

Buku Siswa K13 Fikih Kelas 1.2,3,4,5,6 MI - Kurikulum 2013 merupakan hasil rekonseptualisasi secara teoritik kurikulum berbasis kompetensi. Teori mengenai kompetensi dan kurikulum berbasis kompetensi diarahkan kepada pikiran pokok bahwa konten kurikulum 2013 adalah kompetensi, dan kompetensi tersebut diartikan sebagai kemampuan melakukan sesuatu (ability to perform) berdasarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. 
Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agamadan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah c. q. Kementerian Agama telah melakukan penyesuaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi(SI) pada mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). 

Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (PP No. 32/2013). Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan akhlak mulia menjadi perhatian utama. Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru ini adalah untuk memberikan panduan bagi Guru PAI madrasah pada pembelajaran Mata Pelajaran Fikih dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. 

Pembelajaran Mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis Mata Pelajaran Fikih dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam Mata Pelajaran Fikih, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadis-hadis tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladan dan pembiasaan. 

Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedi, dan interaksi guru dengan orang tua peserta didik. 

Dengan demikian, tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

DOWNLOAD:
Dari kilasan uraian di atas, maka guna mendukung kelancaran pembelajaran siswa madrasah Ibtidaiyah berikut buku pendukung yang diperuntukkan siswa.
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Fikih Kelas 3.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 4.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Fikih Kelas 5.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 6.pdf
Demikian ulasan singkat materi berserta dokumen Mata Pelajaran Fikih yang diformat dengan pendukung aplikasi pdf, semoga akan membawa kemudahan bapak dan ibu guru semuanya. Mohon maaf atas segala kekurangannya.


Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: