Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12 - Bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib di Madrasah. Semua siswa Madrasah dari tingkat Ibtidaiyah, Sanawiyah, dan ‘Aliyyah mempelajari bahasa yang menjadi bagian dari agama Islam ini. Akan tetapi, kemampuan siswa madrasah dalam bidang bahasa Arab belum mencapai tujuan yang diharapkan. Bagi siswa, bahasa Arab ini sepertinya menjadi mata pelajaran yang membosankan. Benarkah begitu?
Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Saat ini para siswa Madrasah, sudah saatnya untuk menyatakan bahwa anggapan pelajaran bahasa Arab itu membosankan itu salah. Buku ini berikhtiar untuk menyajikan pelajaran bahasa Arab yang menyenangkan dan mengikis habis anggapan yang salah itu.

Dalam buku ini pembekalan kosakata disajikan dengan gambar, agar memudahkan Anda menghafal kosakata dan menguatkan ingatan Anda terhadap kosakata tersebut. Anda pun diharuskan aktif membuka kamus untuk menemukan makna kosakata baru. Bagian yang paling menarik adalah Anda dan teman-teman Anda harus melakukan percakapan dengan bahasa Arab di depan kelas.

Mudah-mudahan buku ini menjadi “magnet kecil” yang menarik siswa madrasah kelas X untuk mencintai bahasa Arab. “Magnet-magnet besar” yang menarik kaum muslimin pada umumnya untuk mempelajari bahasa Arab ialah karena Al-Qur’an berbahasa Arab, dan perkataan Umar bin Khattab,” bersemangatlah belajar bahasa Arab karena ia merupakan bagian dari agamamu.”

Buku ini disusun menurut fungsi fragmatis bahasa, topik pembicaraan, dan ketatabahasaan. Materi yang disajikan buku ini dilandaskan pada pendekatan komunikatif (madkhalul ittishal). Prinsip pendekatan ini adalah mengedepankan pemakaian bahasa dalam berbagai situasi dan beragam kebutuhan sebagai tujuan komunikasi. Gramatika dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menunjang pemaknaan dari kebutuhan dan tujuan komunikasi tersebut.

Pembelajaran aspek mendengar (istima’) dalam buku ini ialah latihan dengan cara mendengarkan rekaman dari CD audio. Dalam aspek berbicara, siswa didorong untuk melakukan percakapan dengan temannya dan memahami teks percakapan. Dalam aspek membaca, siswa dimotivasi dan dibimbing untuk dapat membaca dengan baik. Pada aspek menulis, siswa dilatih untuk mengekspresikan pikirannya dalam bentuk tulisan sesuai dengan tema yang ada.

Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa Arab ini untuk menindaklanjuti program-program prioritas yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan dalam rangka memenuhi Rencana Strategis Kementerian Agama Republik Indonesia 2010-2014.
Baca juga: Buku Fikih Untuk Siswa MA kelas 10-11-12 K2013
Buku Pelajaran Bahasa Arab ini ditulis dengan pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa bab untuk disampaikan kepada peseta didik dalam usaha agar dapat membantu peserta didik dalam memahami sumber dari ajaran agama  yang berbahasa Arab, yaitu Al Qur’an dan Hadits.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peseta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam sekitar.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Buku Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 10.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 11.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 12.pdf
Ucapan terimakasih dan penghargaan disampaikan kepada Bapak Menteri Agama dan Tim Nara Sumber, Tim Internal, Tim Teknis, dan Tim Pengembang yang telah meluangkan waktu untuk menulis dan memberikan kontribusi pemikiran yang komprehensif dalam mewujudkan Buku Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah 2013. Penghargaan yang sama juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan masukan baik secara tertulis, melalui media elektronik dan cetak, maupun secara lisan guna penyempurnaan penulisan buku Bahasa Arab Madrasah Aliyah 2013.

Bagi Bapak/Ibu Guru dan Siswa Kelas X,XI, dan XII yang membutuhkan Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12 dapat mendownload buku ini secara Gratis tanpa biaya dan dengan mudah bisa didownload oleh siapa saja karena Cara Download sangat mudah.


Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: