Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018

Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018

Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018-Pada tahun 2018 ini sistem pengakreditasian sekolah dilakukan secara manual dan online. Ini menimbutkan beberapa perbedaan dengan sistem pengakreditasian pada tahun  sebelumnya. Perbedaan ini berada pada fitur sinkronisasi data  antara sispena dengan Dapodik  untuk sekolah dan anatara sispena dengan  Emis untuk madrasaha. 

Pada kali ini kami akan membagikan tentang tutorial Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018 yang harus dilakukan oleh assesor dan pihak sekolah. Pelaksanaan akreditasi sekolah dalam proses online ini dilakukan saat pengisian EDS oleh sekolah dan saat pengisian input nilai oleh assesor.  Untuk itu  kami membagikan tutorial ini untuk membantu  sekolah dan assesor  dalam pengisian Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah. Langsung saja kita ke pokok pembahasan tentang tutorial Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018.

Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018

Tutorial Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018 yang harus dilakuan oleh assesor :

  1. Buka url: http://sispena.bansm.or.id di halaman browser.
  2. Atau bisa klik link banner SisPenA S/M yang terdapat disebelah kanan website http://bansm.or.id
  3. Akan muncul halaman login.
  4. Selanjutnya masukkan user dan password yang dimiliki. dan pilih level pengguna yaitu Asesor.
  5. Ketika pertama kali masuk kedalam halaman login sistem akan langsung menampilkan form yang harus diisi oleh asesor.
  6. Isi form tersebut dengan lengkap terutama e-Mail, karena setiap pemberitahuan informasi penting terkait akreditasi kan dikirimkan ke e-Mail begitupula apabila anda mereset Password apabila lupa.
  7. Klik submit jika telah selesai mengisi seluruh biodata atau identitas.
  8. Nanti akan muncul nama  sekolah yang akan menjadi assesor   untuk melakukan visitasi dan penilaian.
  9. Dalam List sekolah yang tampil terdapat banyak button atau tombol yang berfungsi untuk memberikan penilaian terhadap sekolah, melihat IPDIP dan Informasi Lainnya.
  10. Yang membedakan jumlah tombol sekolah satu dengan lainnya adalah peran asesor sebagai ketua tim asesor atau hanya sebagai asesor biasa ketika visitasi ke sekolah.
  11. Sebelum memulai penilaian kita bisa mengunduh (download) terlebih dahulu IPDIP (Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi) Sekolah yang bersangkutan.
  12. IPDIP ini bisa dilihat secara digital atau dicetak dan digunakan untuk referensi asesor dalam melakukan penilaian. 
  13. Selain IPDIP kita juga bisa melihat beberapa foto sekolah yang telah diupload oleh sekolah, dengan cara klik button Foto Sekolah sebagai gambaran kita ketika akan visitasi ke lapangan.
  14. Foto yang dimasukkan akan muncul dan bisa kita lihat lebih detail satu persatu dengan mengkliknya.
  15. Photo bisa di diperbesar, digeser bahkan diputar, dan untuk melihat photo selanjutnya kita bisa menekan tombol next.
  16. Apabila telah selesai, Untuk kembali ke menu sebelumnya atau area penilaian kita bisa menu penilaian yang terdapat disamping kiri.
  17. Selanjutnya untuk memulai penilaian sekolah, klik button Beri Penilaian di list sekolah yang akan dinilai
  18. Akan muncul jendela baru yang berisi butir butir penilaian yang dimulai berdasarkan standar isi.
  19. Untuk memberikan penilaian klik langsung pilihan a,b,c,d,e yang sudah ada. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Seperti terlihat pada gambar ini.
  20. Klik tombol Next untuk beralih ke butir selanjutnya.
  21. Asesor bisa melihat petunjuk teknis untuk setiap butir pernyataan dengan mengklik tombol petunjuk teknis yang terdapat di bagian atas kanan.
  22. Isi dari petunjuk teknis akan muncul berupa pop-up atau jendela seperti gambar dibawah ini.
  23. Selanjutnya asesor bisa melihat nilai evaluasi diri dari sekolah terhadap butir yang sedang di nilai dengan mengklik Nilai EDS.
  24. Nilai akan terlihat pada Pop-Up yang muncul dengan Kode Jawaban.
  25. Untuk penilaian butir kita bisa memilih secara langsung berdasarkan standar dan nomer butir pada setiap standar dengan mengklik tombol standar yang terdapat dibagian bawah butir pernyataan.
  26. Warna hijau yang terlihat digambar menandakan bahwa butir tersebut telah diberikan penilaian. 
  27. Penilaian bisa dilakukan secara acak atau melompat dari satu standar ke standar lainnya dengan memilih nama menunya.
  28. Data penilaian yang sudah dilakukan akan tersimpan secara otomatis apabila asesor keluar dari sistem dan akan melanjutkan nantinya. Dan hal ini juga mengantisipasi apabila terjadi insiden seperti mati lampu ketika proses penilaian.
  29. Proses penilaian akan dianggap selesai apabila semua butir sudah dinilai dan muncul tombol Hitung & Kirim dibagian paling seperti gambar dibawah ini.
  30. Klik tombol Hitung untuk menghitung proses penilaian yang telah kita lakukan. Akan muncul tabel penilaian seperti dibawah ini.
  31. Apabila anda sudah yakin dengan penilaian dan perhitungannya, klik tombol Kirim dan data tidak akan bisa anda rubah kembali jika anda telah menekan Oke pada jendela peringatan.
  32. Setelah menekan tombol Oke maka tugas untuk menilai telah selesai dan kita bisa langsung melihat hasil penilaian yang telah kita lakukan dengan cara mengklik tombol Lihat hasil penilaian.
  33. Akan muncul nilai berdasarkan 8 Standar beserta nilai akhir dan peringkat dan Status Akreditasi.
  34. Pada tabel penilaian ini juga diperlihatkan warna yang berbeda yaitu warna merah apabila nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, yaitu 1) nilai akhir kurang dari 71, 2) Nilai standar sarana dan prasarana kurang dari 61, 3) Salah satu standar nilainya kurang dari 50.
  35. Klik Print Format Laporan Individu jika kita ingin mencetak hasil penilaian.
  36. Format Laporan penilaian akan siap cetak dengan ukuran kertas yang dapat menyesuaikan.
  37. Selanjutnya tugas asesor adalah menginput penilaian untuk nilai kelompok dengan mengklik button Input Nilai  Kelompok.
  38. Menu atau tombol Input nilai kelompok hanya akan aktif di area menu asesor yang bertindak sebagai ketua tim pada saat visitasi. Tetapi harus dinilai bersama sama dengan asesor lainnya. 
  39. Menu atau tombol ini pun akan berfungsi hanya ketika 2 asesor yang bertugas sudah memberikan penilaian masing masing terhadap sekolah yang divisitasi.
  40. Pada prosesnya input nilai kelompok hampir sama persis dengan penilaian Individu yang dilakukan oleh asesor. Dimana akan muncul jendela penilaian dan diisi sampai butir terakhir, dan ada laporan setelahnya.
  41. Begitu pula halnya dengan ketika anda sudah selesai menilai, klik tombol Hitung  untuk melihat hasil perhitungan dan klik tombol Kirim  jika sudah selesai dan yakin dengan penilaiannya.
  42. Untuk mengecek apakah nilai sudah masuk, klik lihat penilaian kelompok.
  43. Tabel Penilaian akan muncul, dan apabila ingin mencetaknya klik Cetak format laporan kelompok   yang terdapat di samping kiri bawah.
  44. Untuk format laporan nilai kelompok akan disertakan rekomendasi yang diinput oleh asesor.
  45. Untuk menginput rekomendasinya. pilih menu Input Rekomendasi untuk memasukkan rekomendasi asesor untuk semua standar.
  46. Terdapat form yang harus diisi oleh asesor dari mulai standar isi sampai dengan standar penilaian.
  47. Klik  Submit jika telah selesai.
  48. Apabila kita ingin mengedit rekomendasi yang telah kita input, klik saja kembali  Input Rekomendasi di baris menu. 
  49. Langkah selanjutnya adalah memasukkan beberapa photo sekolah yang divisitasi dengan mengklik Foto Pendukung Asesor.
  50. Input photo yang disediakan oleh sistem maksimal adalah 10 photo dengan pembagian 4 untuk sarana dan prasarana, 4 untuk photo kegiatan dan 2 untuk visitasi.
  51. Klik menu Upload Foto untuk mulai memasukkan photo.
  52. Akan muncul form sebanyak 10 untuk memilih photo yang dimaksud. Klik Choose File untuk mencari file photo.
  53. Ketika diklik submit Photo yang dimasukkan akan di resize ukurannya secara otomatis oleh sistem dengan resolusi yang ditentukan.
  54. Menu terakhir yang harus diisi oleh asesor adalah berita acara.
  55. Isilah empat form isian yang muncul.
  56. Lalu tekan Submit  apabila telah selesai.
  57. Setelah mengisi berita acara, asesor dapat mencetaknya sebagai laporan fisik kepada BAP, dengan mengklik tombol Print di pojok sebelah kanan.
  58. Format berita akan muncul dan siap untuk dicetak.
  59. Untuk fasilitas menu lainnnya asesor bisa melihat data secara umum tentang Akreditasi di menu Dashboard.
  60. Akan terlihat beberapa informasi umum berupa infografis dan informasi lainnya terkait akreditasi.
  61. Untuk merubah kembali biodata atau profile asesor serta merubah photo pengguna bisa mengklik menu yang terdapat disebelah kanan atas.
  62. Klik Choose File untuk merubah photo profile anda.
  63. Jika menggunakan smartphone bisa secara langsung mengganti dengan memilih foto di file penyimpanan atau memfoto  secara langsung menggunakan kamera smartphone. 
  64. Hal yang penting lainnya adalha mengganti password anda untuk menghindari penyalahgunaan sistem. Klik menu Ganti  password.
  65. Masukkan password lama anda, lalu masukkan password yang baru lalu konfirmasi ulang.
  66. Anda akan diberi Warning, untuk mengisi e-Mail apabila halaman identitas anda belum terisi oleh e-Mail.
  67. Klik Link untuk menuju halaman identitas, dan masukkan e-Mail anda atau e-Mail yang masih aktif. Karena e-Mail ini adalah sarana apabila anda lupa password nantinya.
  68. Apabila sudah lakukan langkah mengganti password kembali. 
  69. Selanjutnya Klik Logout apabila anda telah selesai menggunakan Sistem Aplikasi ini.
  70. Selanjutnya terkadang kita lupa dengan password yang telah kita masukkan kedalam sistem. Untuk menanggulangi hal tersebut kita bisa mereset password atau meminta password baru dengan mengklik menu Lupa Password di halaman depan.
  71. Masukkan alamat e-Mail, Username serta level user anda pada form.
  72. Selanjutnya cek e-Mail anda, password yang baru akan dikirm di folder Inbox atau SPAM. 
  73. Selamat Menggunakan…. Salam Akreditasi Berkualitas

Untuk mendapatkan tutorial Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018  yang harus dilakuan oleh sekolah dan assesor, silakan download file di bawah ini. Penjelasan akan lebih lengkap dan  dilengkapi dengan gambar untuk setiap langkahnya.


Demikian penjelasan singkat mengenai Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018  dari kami. Semoga penjelasan yang kami sampaikan bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda ke halaman kami. 


Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: