Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006

Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006

Fungsi penilaian hasil belajar sebagai berikut.
  1. Bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  2. Umpan balik dalam perbaikan proses belajar mengajar.
  3. Meningkatkan motivasi belajar siswa.
  4. Evaluasi diri terhadap kinerja siswa.

Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006
Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006

Dari beberapa faktor dan fungsi penilaian dapat kita uraikan kurang lebih sebagai berikut:

1. Ulangan Harian


Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk. Dengan bentuk soal sebagai berikut:


2.Ulangan Tengah Semester

Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8–9 minggu kegiatan pembelajaran.Cakupan ulangan tengah semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. Bentuk Ulangan Tengah Semester selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk.
Baca juga: Revisi Buku Pedoman Penilaian PPK dan TOT Kurikulum 2013
Bentuk Soal UTS kelas 6 SD Kurikulum 2006.


Kegiatan berikutnya adalah ulangan Akhir Semester atau ulangan Kenaikan Kelas; artinya ulangan Akhir Semester bagi siswa kelas 6 untuk mengakhiri pembelajaran di kelas 6, sedangkan Ulangan kenaikan Kelas berfungsi sebagai penilaian siswa kelas 5 ke bawah untuk kenaikan kelas. Dan berikut ulasannya.

3. Ulangan Akhir Semester

Ulangan akhir semester  adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester satu. Cakupan ulangan  akhir semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester satu. Ulangan akhir semester dapat berbentuk tes tertulis,  lisan, praktik/perbuatan pengamatan,  tugas, produk.

4. Ulangan Kenaikan Kelas

Ulangan kenaikan kelas  adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan ulangan kenaikan kelas meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut. Ulangan kenaikan kelas dapat berbentuk tes tertulis,  lisan, praktik/perbuatan, pengamatan, tugas dan produk.


Demikian semoga materi Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006 dapat dimanfaatkan bapak dan ibu guru semuanya. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan.


Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: