RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru

RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru

RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru - Beberapa istilah pada Kurikulum 2013 sebelum direvisi terdapat berbagai istilah dalam penamaan kegiatan; Ulangan Harian (UH), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), istilah-istilah tersebut setelah dilakukan revisi tahuun 2017 atau sering dikenal hasil edisi revisi 2017, maka istilah tersebut berubah menjadi; Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), dan Kriteria Belajar Minimal (KBM). Khusus pada KKm yang terdahulu mengacu pada mata pelajaran, akhirnya sekarang mengacu pada satuan pendidikan.

Hasil Revisi Kurikulum 2013 tahun 2017 khusus pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebagai berikut :
  • Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), diperkuat dengan 5 karakter yaitu; religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan pada literasi; keterampilan abad 21 atau dengan istilah 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative).

RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru
RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru
Beginilah yang sesungguhnya tujuan Kurikulum 2013 setelah direvisi tahun 2017, pendidik/guru bukan hanya sekadar mentransfer materi tetapi difokuskan pada pembentukan 4C tersebut. Menurut beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di zaman ini, zaman di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill. 
Baca juga: Aplikasi Cetak Surat Keputusan Kegiatan Sekolah
Selain hal di atas tersebut konteks Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Dalam kaitan dengan penjelasan tersebut akhirnya tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 4 Semester 2 Tema 7 yang telah kami revisi dan merupakan hasil revisi tahun 2017 dan telah kami kemas disusun berdasarkan peraturan yang berlaku sedemikian rupa sehingga telah kami sesuaikan dengan Buku Pegangan Guru dan Siswa pada setiap temanya.


Demikian semoga materi RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi Terbaru yang satu ini menjadi pusat perhatian bagi pengunjung yang masih tetap mencari RPP yang sesuai dengan edisi revisi 2017.

Mohon maaf atas kekurangan kami siap menunggu kritikan, saran serta masukan yang bersifat membangun.




Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: