Materi Pokok Bintek Instruktur K-13 SMK Tahun 2018

Materi Pokok Bintek Instruktur K-13 SMK Tahun 2018

Bimtek Penyegaran ini perlu dilaksanakan karena adanya revisi modul pelatihan Kurikulum 2013 SMK, khususnya karena adanya aspek-aspek yang terkait dengan pengintegrasian nilai-nilai karakter sebagaimana diatur pada Peraturan Presiden (PP) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Bimtek dilaksanakan dengan pola 30 jam, terdiri dari 10 jam materi umum, 18 jam materi pokok dan 2 jam materi penunjang.

Tujuan Bimtek ini untuk meningkatkan penguasaan para Instruktur Kabupaten/Kota (IK) terhadap modul-modul Bimbingan teknis Implementasi Kurikulum SMK yang telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter agar mereka dapat memfasilitasi Bimbingan Teknis Guru Sasaran Tahun 2018 dengan menggunakan modul-modul pelatihan yang telah direvisi.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersedianya Instruktur Kabupaten/Kota Implementasi Kurikulum 2013 SMK yang kompeten dan mampu melaksanakan  tugas untuk memfasilitasi Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 SMK bagi guru sasaran Tahun 2018.

Materi penyegaran Bintek Kurikulum 2013 ini ditekankan pada pengimplementasian dalam hal Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai bagian dari Nawa Cita Pemerintah saat ini, Penyusunan Soal UAS-BN, Literasi, dan subtansi Kurikulum 2013 lainnya. Secara garis besarnya tidak ada perbedaan antara materi bintek Kurikulum 2013 SMK Tahun yang lalu apabila dibandingkan dengan bintek tahun 2018 saat ini. Hanya terdapat perbedaan sedikit pada pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter dan materi Literasi.

Dalam pelaksanaan sebenarnya tidak ada istilah nama Kurikulum 2013 berkarakter, tetapi tetap disebutkan Kurikulum 2013, dengan penyusunan di includekan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut, misalnya; Religius, Gotong Royong, Nasionalis, dan Toleransi.


Demikian ulasan singkat materi Pokok Bintek Instruktur Kurikulum 2013 SMK Tahun 2018 semoga bermanfaat.


Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: