RPP Bahasa Inggris Kelas 1 Semester Genap dan Ganjil Kurikulum 2013

RPP Bahasa Inggris Kelas 1 Semester Genap dan Ganjil Kurikulum 2013


RPP merupakan salah satu komponen yang harus dibuat oleh guru sebelum pembelajaran dikelas dilakukan, dalam penyusunan RPP juga harus memperhatikan komponen-komponennya yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Dalam proses pembuatan RPP kurikulum 2013 berbeda dengan Kurikulum 2006, mulai dari identitas sampai kegiatan penutup. Pertama, identitas kurikulum 2013 terdapat poin tambahan  tema, subtema dan pembelajaran ke karena dalam Kurikulum 2013 pembelajarannya menggunakan tematik terpadu atau dalam kegiatan pembelajarannya mengintegrasikan mutan pelajaran yang satu dengan yang lainya, sedangkan pada kurikulum 2006 hanya nama sekolah, kelas, semester, alokasi waktu karena pada kurikulum 2006 pembelajaran per muatannya dipisah. Kedua, dalam kurikulum 2013 terdapat KI (Kompetensi Inti) dari KI 1 sampai KI 4 akan tetapi tidak ada SK (Standar Kompetensi), sedangkan Kurikulum 2006 SK. Ketiga, dalam kurikulum 2013 dalam setiap kegiatan pembelajaran mencakup beberapa muatan pelajaran yang diintegrasikan satu sama lain, sedangkan Kurikulum 2006 hanya 1 pelajaran dalam 1 pembelajaran. Jadi antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2006 terdapat perbedaan yang singnifikan dalam pembuatan RPP dan pelaksaannya kegiatan pembelajarannya.

RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran yang dibuat oleh seorang pendidik untuk mencapai tujuan kegiatan pembelajaran. RPP dapat dibuat oleh pendidik sendiri atau bisa dengan 1 kelompok KKG (Kelompok Kerja Guru). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara perinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus (Permendikbud RI No 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum). Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di SD (Kemdikbud, 2013:9) RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Pada jenjang SD (Sekolah Dasar) pelajaran Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang berbasis Bahasa Inggris dasar sebagai perkenalan untuk anak SD kosakata dalam Bahasa Inggris.

Dibawah ini kami menyajikan RPP Bahasa Inggris Kelas 1 Semester Genap dan Ganjil Kurikulum 2013

RPP Bahasa Inggris Kelas 1 Semester Genap.rar
RPP Bahasa Inggris Kelas 1 Semester Ganjil.rar

Semoga dapat bermanfaat

Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: