Pengisian Aplikasi PIP Online Tahun 2018

Pengisian Aplikasi PIP Online Tahun 2018

Seperti termuat pada Surat Edaran Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar yang bernomor 272.1/D2/TU/2017 mengenai verifikasi dan validasi data Program Indonesia Pintar atau yang kita kenal dengan PIP tahun 2017 menyatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyalurkan sebanyak 10.362.746 siswa penerima PIP yang tersebar di 514 Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia.
Pengisian Aplikasi PIP Online Tahun 2018
Pengisian Aplikasi PIP Online Tahun 2018
Berhubungan dengan tingkat kevalidan data penerima dana PIP tahun 2017, maka diharapkan semua Operator Sekolah perlu segera melakukan aktivasi penerima dana PIP tahun 2017 pada laman http://pipsd.kemdikbud.go.id

Hal tersebut bertujuan bagi peserta didik yang pada tahun 2017 mendapatkan dana PIP dan belum melakukan aktivasi pada Bank yang ditujuk oleh pemerintah (BRI), maka segera melakukan aktivasi peserta didik tersebut, selain itu apabila terdapat perubahan antara masih layak atau tidaknya, maka pada saat Operator Sekolah telah “LOGIN”, maka akan terdapat pengubahan data penerima PIP tahun 2017.

Berikut hal-hal yang perlu disiapkan dan diperhatikan dalam Pengisian Aplikasi PIP Oneline Tahun 2018, dan sekaligus sebagai langkah-langkahnya.

  1. Siapkan username Dapodik 
  2. Siapkan paswords login Dapodik
  3. NPSN sekolah
  4. Pilih type login Operator Sekolah
  5. Klik login

Setelah dari ke lima menu isian dia tas telah terisi dengan benar dan telah masuk menu “LOGIN”, maka akan muncul dasbord sebagai berikut dan isinya adalah peringatan.

Bersifat  Penting !!
Validasi SK 2017 

Yth, Operator sekolah. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar mohon bantuan kepada bapak/ibu operator sekolah untuk memvalidasi kembali siswa PIP 2017 yang telah kami SK kan. Berkaitan dengan hal tersebut, bapak/ibu bisa mengakses menu Validasi di aplikasi ini dan mulai memvalidasi siswa yang masih layak/tidak layak di SK kan di tahun anggaran 2018

Update!

  • Menu Download SK PIP 2017 Sudah Tersedia.
  • Penambahan data Validasi
  • Update !! pada list siswa di menu validasi sudah di tambahkan data (Anggota Dewan Komisi X). Data tersebut untuk saat ini perlu divalidasi sesuai keriteria yang ada, Terima Kasih.
Info...

Penjelasan Terkait Dashboard

  • Sudah Aktifasi: Siswa Sudah melakukan aktifasi rekening tabungan di bank BRI 
  • Belum Aktifasi: Siswa belum melakukan aktifasi rekening tabungan di bank BRI, Silahkan download data penerima PIP dan untuk siswa yang belum aktifasi diharapkan segera melakukan aktifasi di bank BRI.
  • Belum Rekening: Siswa yang sudah diSK kan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tapi nomor rekeningnya belum Selesai dibuat oleh Bank BRI sehingga siswa ybs belum bisa melakukan pengAktifasian Rekening

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan Pengisian Aplikasi PIP Online Tahun 2018 semoga bermanfaat.

Baca Juga

    Subscribe to receive free email updates: